7.9.11

Menggambar itu Kebebasan!

Beberapa waktu lalu aku buka kaskus dan menemukan thread ini. Sebenernya gak ada yang salah dengan itu sih, cuma menurut aku, pengajaran tersebut sangat mendikte. Bagaimana mungkin seorang anak di seluruh Indonesia punya pikiran untuk menggambar benda-benda (atau peamandangan) yang sama dari Sabang sampai Merauke kalau gak dilatarbelakangi sama guru yang mengajar mereka? Terus terang waktu kecil aku diajari menggambar benda seperti itu dan well itu sangat menggangguku. Tapi semua temanku menggambar itu sehingga aku berpikir bahwa kalau ingin dapat nilai menggambar yang bagus, ya harus menggambar yang seperti itu. Gambar apakah itu?

Coba lihat di bawah:
Gambar buatan anak-anak Indonesia. Dipinjam dari thread mas rumondor - kaskus.
Aku gak tau sih apakah zaman sekarang anak-anak masih dibiarkan menggambar hal yang kayak di atas tapi zaman dulu (taun 90an) kami semua seperti itu. Okelah mungkin zaman sekarang sudah berubah (kalau ada yang bisa ngasitau gambar apa yang banyak dibikin anak-anak zaman sekarang, please let me know :)) tapi kemudian aku dapat pengalaman lain lagi. Masalah teknik dan pewarna yang dipake buat menggambar.

Beberapa waktu lalu aku sempat main ke toko buku untuk beli beberapa alat gambar baru dan kebetulan aku mendengar percakapan ibu dan anak yang lagi belanja pewarna juga. Waktu itu aku sedang milih-milih pensil warna (this is the most comfortable technique buatku). Nah kebetulan ada anak SMP ngeliatain aku terus dia tertarik juga pengen beli pensil warna. Nah apa yang dibilang ibunya? Ibunya bilang:

"Ngapain beli pensil warna? Kan kamu bukan anak SD!"

Speechless.

Emang kenapa kalau kita suka ngegambar pake pensil warna?

Satu pengalaman lagi terjadi sama adikku sendiri yang sekarang kelas 3 SMA. Kebetulan dia ada pelajaran seni rupa dan sebentar lagi dia harus nyerahin tugas ngegambar. Gurunya membebaskan para murid untuk pake teknik apa aja. Tapi pas adikku nanya apa boleh mereka pake spidol buat ngewarna? Eh si guru itu bilang:

"Jangan pake spidol, kayak anak TK aja".

Hmm sebenernya anak TK jarang yang bisa gambar dengan rapih pake spidol. Setau aku anak TK paling banyak pake krayon atau pastel.

Yang bikin aku terganggu adalah, bagaimana mereka bisa berkomentar seperti itu pada pilihan yang dibuat seorang anak? Toh kalau misalnya seorang anak yang sejak TK terbiasa menggambar dengan pensil warna, sepuluh taun kemudian hasil gambarnya gak mungkin selevel pas dia masih TK kan. Seseorang pasti akan berkembang seiring waktu dan pengalaman walaupun dia terus-terusan menggunakan teknik yang sama.
Gambar ini dibuat oleh Artaksiniya, seorang fashion illustrator profesional dan percaya gak, dia pake SPIDOL (dengan beberapa modifikasi tambahan)! (sama sekali bukan level anak TK).

Amalia K, seorang illustrator dan desainer yang membuat gambar ini dengan PENSIL WARNA. It's beautiful dan sama sekali bukan level anak SD.
Okelah memang kalau yang namanya sekolah, murid diajarkan untuk selalu mencoba hal baru. Misalnya kalau waktu SD kita boleh pake spidol atau pensil warna, ketika SMP maka kita harus berani pake cat air atau cat minyak, dsb. Tapi tetap saja, menurutku komentar dari orang tua/guru yang seperti dicontohkan di percakapan di atas adalah sesuatu yang merusak mental. Bukannya jadi berani nyoba hal baru, seorang anak mungkin akan malah jadi takut "out of the box". Trust me, I know the feeling.

Pada akhirnya, bagaimanapun kebebasan dalam mengekspresikan diri dalam seni itu bukanlah sesuatu yang bisa didikte, terlebih dalam pelajaran. Pada akhirnya si anak/murid akan menjadi takut untuk berekspresi. Dia akan selalu cari aman dan menggambar sesuatu yang memang diinginkan orang harus dia gambar. Seperti gambar dua gunung itu misalnya. Jadi mulai sekarang, sebaiknya berpikir panjanglah sebelum anda memberikan komentar pedas pada pilihan seorang anak dalam memilih pewarna atau teknik menggambar. Hormatilah pilihan mereka, kritiklah mereka dengan kritik yang membangun dan ingatkan mereka betapa berharganya keberanian mencoba hal baru (misalnya masalah pewarna tadi) tanpa menjatuhkan mental mereka. Meskipun mereka mungkin tidak akan jadi pelukis nantinya, bukan sesuatu yang salah untuk membiarkan mereka berekspresi sesuai apa yang mereka sukai saat ini 'kan.

Uhm..sebenernya aku tidak mendapat pendidikan yang proper dalam hal seni rupa, menggambar, dsb. Tapi aku seorang penikmat gambar. Jadi jika ada yang salah, ini cuma opini saja kok. What do you think? :)

1 comment:

  1. omigood.. aku ketinggalan banyaakk.. T_T
    setuju pisan sai.
    ini teh artikel artsy tapi nyikologi.
    salut salut :D

    ReplyDelete

WOW Thank you!